Profile

OUR PROFILE

About Us

Orkes Simfoni Universitas Indonesia atau OSUI Mahawaditra adalah orkes simfoni yang didirikan di Universitas Indonesia dan tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa di lingkungan Universitas Indonesia.

Nama “Mahawaditra” berasal dari bahasa Sansekerta. “Maha” berarti agung dan “Waditra” berarti suara sehingga “Mahawaditra” memiliki arti suara yang agung. Nama ini diusulkan oleh rektor Universitas Indonesia pada masa OSUI Mahawaditra didirikan yaitu alm. Prof. Dr. Nugroho Notosusanto.

Saat ini Mahawaditra berstatus sebagai orkestra simfoni mahasiswa tertua dan terbesar di Indonesia dari peguruan tinggi non-musik. Eksistensi Mahawaditra telah mendorong orkestra simfoni mahasiswa di universitas lain maupun orkestra komunitas untuk berkembang.

Read our history See our achievements

Our Purpose

Tujuan didirikannya OSUI Mahawaditra adalah sebagai berikut:

  1. Mengiringi acara-acara seremonial Universitas Indonesia.
  2. Menyalurkan bakat dan minat mahasiswa Universitas Indonesia dalam bermain musik dengan format orkestra.
  3. Mengembangkan apresiasi musik dalam bentuk pertunjukan dan nonpertunjukan.
  4. Menjadi wadah organisasi untuk para anggotanya.

Our Logo

Lambang OSUI Mahawaditra adalah siluet cello dan bow-nya dengan alas siluet buku dan tulisan OSUI MAHAWADITRA pada bagian bawah dari siluet buku dengan latar hitam dan lambang makara Universitas Indonesia di pojok kiri atas.

Latar hitam menggambarkan bahwa musik yang menjadi basis kegiatan Orkes Simfoni Universitas Indonesia Mahawaditra merupakan hasil perenungan yang dalam. Siluet cello dalam keadaan vertikal dan bow-nya melambangkan keseimbangan antara otak kiri dan kanan, dunia akademis dan non-akademis, dan ilmu dan seni. Siluet buku melambangkan bahwa organisasi ini berada dalam institusi ilmiah. Lambang makara Universitas Indonesia melambangkan kedudukan organisasi ini dalam lingkungan sivitas akademika Universitas Indonesia.

Our Activities

Para anggota Mahawaditra aktif terlibat dalam upacara wisuda setiap tahunnya sebagai pengiring, mengadakan konser publik di lingkungan kampus dan publik di Jakarta, serta berbagai kegiatan-kegiatan edukatif yang menunjang pengetahuan dan kemampuan bermusik mahasiswa lainnya.

Want to know more about our events?

Interested to be our client? Check out our business profile!

Our Members

Mahawaditra terdiri dari berbagai mahasiswa aktif Universitas Indonesia dari berbagai fakultas dan program. Dengan demikian, siklus pergantian pemain relatif cepat. Setiap tahun ajaran baru ada pemain baru yang masuk, namun ada juga yang keluar. Pemain dalam orkestra ini dibagi atas beberapa kelompok besar, antara lain: string section (kelompok alat musik gesek), woodwind section (alat tiup kayu), brass section (alat tiup logam), serta perkusi.

See Members