Skip to content

Know Our Instruments

Strings

Violin

  1. Violin modern yang dijumpai saat ini telah ada sejak sekitar 500 tahun yang lalu. Dikatakan bahwa desain yang dibuat oleh Andrea Amati tersebut telah ada di tahun 50-an.
  2. Bermain violin dapat membakar sekitar 170 kalori per jam. Lupakan olahraga dan mulai berlatih lebih keras!
  3. Pembuatan violin sangat kompleks karena membutuhkan lebih dari 70 potongan kayu berbeda untuk membentuknya.
  4. Kata violin berasal dari kata dalam bahasa Latin era Medieval yaitu vitula, yang berarti instrumen yang memiliki senar.
  5. Violin termahal di dunia dibuat oleh Giuseppe Guarneri pada tahun 1741. Violin termahal ini dihargai $18 juta.

Viola

  1. Viola memiliki bentuk dan cara bermain yang hampir sama dengan violin, hanya saja memiliki pitch lima nada lebih rendah. Jika dibandingkan dengan suara manusia, violin adalah sopran dan viola adalah alto.
  2. Meskipun viola sering dijadikan bahan lelucon, viola juga memiliki momen penting dalam orkes simfoni. Seperti dalam movement ketiga “Piano Concerto No. 2” dari Rachmaninoff, melodi yang terkenal dan sangat indah pertama kali dimainkan oleh viola. Viola juga menjadi pembuka dalam “Symphony No. 40 in G Minor” dari Mozart.
  3. Tidak seperti violin, cello, dan contrabass, viola tidak memiliki ‘full size‘. Ukurannya beragam, dari yang sedikit lebih besar dari violin (14 inci) hingga yang berukuran besar mencapai 17-18 inci.
  4. Banyak komposer dunia yang bermain viola, lho! Seperti Haydn, Bach, Dvořák, Beethoven, Mendelssohn, dan Vaughan Williams, semuanya bermain viola.
  5. Karena peran viola sepagai harmonic instruments, viola tidak banyak diproduksi seperti violin dan cello. Bahkan, viola buatan Stradivarius berharga jauh lebih mahal dibandingkan violinnya pada kondisi yang sama.

Cello

  1. Sebutan Cello berasal dari istilah bahasa Italia yaitu violoncello, yang arti sebenarnya adalah violone kecil. Violone adalah alat musik dengan nada paling rendah di keluarga viol, sekelompok alat musik gesek yang digunakan sebelum abad ke-18.
  2. Bentuk jamak dari cello adalah celli atau cellos.
  3. Pada masa awal dibuatnya, senar cello dibuat dari domba dan usus kambing. Namun sekarang senar cello dibuat dari bahan metal.
  4. Endpin cello baru ada di abad ke-19. Sebelum waktu tersebut, pemain cello harus menahan instrumennya dengan kaki mereka.
  5. Cello dikatakan sebagai alat yang memiliki nada hampir menyerupai suara manusia, karena memiliki range nada yang cukup besar.
  6. Cello telah digunakan dalam genre musik lain seperti modern rock, pop, dan jazz. Seperti yang dilakukan oleh Apocalyptica, 2 Cellos, Piano Guys, dan Jazz-Cello.

Contrabass

  1. Sebagai instrumen tertinggi di orkestra (tidak termasuk harpa), contrabass memiliki tinggi sekitar 180-192 cm.
  2. Desain dari contrabass berubah-ubah selama tiga atau empat abad. Pada abad ke-18, mereka pernah mencoba tiga dan lima senar pada bass, sebelum akhirnya empat senar seperti yang dikenal sekarang.
  3. Perbedaan terbesar antara contrabass dengan anggota strings lainnya adalah peg-nya. Peg pada contrabass menggunakan machine heads dengan baut-baut kecil, tidak seperti violin, viola, dan cello yang menggunakan friction pegs.
  4. Selain digunakan di dalam musik-musik klasik barat, contrabass juga digunakan dalam berbagai genre musik lainnya, seperti country, tango, rock, blues, dan jazz.
  5. Bow yang umum digunakan untuk contrabass adalah bow Prancis dan bow Jerman. Ada pula bow Slovenia dan Bosnia yang lebih langka digunakan.

Woodwinds

Flute

  1. Flute merupakan alat musik yang sudah ada sejak 35.000 tahun lalu.
  2. Istilah flute ditemukan oleh Geoffrey Chaucer’s House of Fame pada tahun 1380.
  3. Dulu, alat ini terbuat dari kayu. Namun, seiring perkembangan zaman, flute mulai dibuat dari bahan ebonit, plastik, atau logam.
  4. Terdapat 6 jenis flute dalam keluarga flute: piccolo, soprano, alto, tenor, bass, dan contrabass. Nada tertinggi dipegang oleh piccolo, sedangkan nada terendah dipegang oleh contrabass flute.
  5. Leonardo da Vinci, seorang pelukis terkenal juga hobi memainkan flute, loh!

Oboe

  1. Turunan dari instrumen tiup bernama Shawm, yang merupakan instrumen di abad pertengahan.
  2. Kata “oboe” yang terdengar unik ini, ternyata berasal dari bahasa Perancis, yaitu “hautbois” yang artinya instrumen tiup bernada tinggi.
  3. Memiliki double reed dengan 8 keys (katup) dan range atau jangkauan nada 3 oktaf.
  4. Jenis-jenis oboe sesuai jamannya: baroque, classical, Viennese, dan modern.

Clarinet

  1. Klarinet termasuk ke dalam alat musik tiup kayu (woodwind) jenis singlereed.
  2. Instrumen favorit si Squidward ini, merupakan perkembangan dari instrumen “Chalumeau” di abad pertengahan.
  3. Klarinet pertama diciptakan oleh Johann Denner pada akhir abad ke-17. Ia adalah seorang pembuat alat musik tiup kayu (woodwind) yang terkenal pada era Barok.
  4. Terbuat dari kayu pohon blackwood Afrika atau Mpingo. Kayu ini dipilih karena dapat beresonansi dengan baik.
  5. Mozart merupakan komposer besar pertama yang membuat partitur musik khusus untuk klarinet.
  6. Mulai tahun 1800-an, klarinet dimainkan hampir di seluruh orkestra.

Bassoon

  1. Pada abad ke-16, bassoon disebut sebagai curtals dan dulcians.
  2. Bassoon kuno hanya dibuat dari kayu dan tidak memiliki keys (katup) apapun.
  3. Bassoon modern yang memiliki 17 keys, baru dikembangkan di abad ke-19 dan didesain pertama kali oleh Gottfried Weber dan Carl Almenräder.
  4. Panjang bassoon adalah 8 kaki atau sama dengan 2,5 meter; tubenya didesain berbentuk “U” agar para pemain bassoon mudah memainkannya.
  5. Suara bassoon sangat unik dan lucu, loh! Karena itu, instrumen ini sering dijuluki “the clown of the orchestra“.

Brass

Trumpet

  1. Trumpet sudah ada sejak sekitar 1500 SM.
  2. Trumpet pertama kali dibuat di Jerman.
  3. Tidak hanya dimainkan pada orkestra, trumpet juga bisa dimainkan dalam aliran jazz, rock, bahkan country.
  4. Trumpet terlihat tidak terlalu panjang. Tapi jika dibentangkan, panjangnya bisa mencapai sekitar 150 cm.
  5. Terdapat 45 nada yang dapat dimainkan pada trumpet.
  6. Trumpet terbesar yang dapat dimainkan memiliki panjang 32 m dengan bell berdiameter 5,2 m. Trumpet ini dibuat oleh Benny J. Mamot dari Indonesia pada 2009. Trumpet ini hanya dapat dimainkan dengan kompresor udara!
  7. Sepasang trumpet tertua di dunia ditemukan di makam Tutankhamun, raja Mesir Kuno. Rumor mengatakan bahwa kedua trumpet ini mempunyai kemampuan untuk menyebabkan perang!

Horn

  1. French horn adalah instrumen brass yang terbuat dari logam. Tahukah kamu, jika kamu membuka french horn, panjang tabungnya akan mencapai 3,9 meter! Jika ditambah dengan bell-nya, panjangnya mencapai 6 meter.
  2. Alat musik horn ini sebenarnya ditemukan dan dikembangkan di Jerman, namun kemudian lebih dikenal dengan nama french horn.
  3. Dahulu, french horn biasa digunakan oleh para pemburu untuk mengarahkan pemburu lain menuju hewan buruannya.
  4. Wagner Tuba bukanlah sejenis tuba, melainkan salah satu jenis french horn yang paling unik. Wagner Tuba merupakan horn dengan bel vertikal dan tenggorokan bel yang lebih besar. Bentuknya menyerupai tuba yang direnggangkan.
  5. French horn merupakan instrumen brass dengan tone terlembut dalam keluarganya.

Trombone

  1. Trombone merupakan instrumen brass yang memiliki suara yang lebih rendah dari french horn, tetapi tidak serendah tuba.
  2. Kata “trombone” berasal dari bahasa Italia “tromba” yang artinya terompet dan “one” yang artinya besar. Jika digabungkan, trombone dapat berarti “terompet yang besar”.
  3. Berbeda dari instrumen brass lainnya yang menghasilkan variasi nada dengan menekan katup (valve), trombone menghasilkannya dengan menggerakkan bagian slide secara maju dan mundur. Jika slide didorong menjauh, nada yang dihasilkan akan lebih rendah. Sebaliknya, jika slide ditarik, nada yang dihasilkan akan lebih tinggi.
  4. Beberapa tokoh kartun seperti Homer Simpson (The Simpsons) dan Peter Griffin (Family Guy) juga memainkan trombone loh!
  5. Pada akhir abad ke-18, trombone menjadi bagian resmi dari orkestra.

Tuba

  1. Tuba dipatenkan oleh Wilhelm Friedrich Wieprecht dan Johann Gottfried Moritz pada tanggal 12 September 1835.
  2. Tuba diperkenalkan ke dalam orkestra sebagai pengganti instrumen ophicleide, yaitu instrumen pada zaman Renaissance.
  3. Band jazz awal menggunakan tuba sebagai pengganti contrabass string agar bisa dimainkan di luar ruangan saat cuaca ekstrem.
  4. Dalam bahasa Latin, tuba memiliki arti trumpet atau horn. Padahal, pada kenyataannya, ukuran tuba lebih besar dari trumpet. Berat trumpet hanya 1,5 kilogram, sedangkan berat tuba bisa mencapai 13,5 kilogram!
  5. Hampir semua orkestra hanya menggunakan satu buah tuba. Tapi, berdasarkan Guinness Book of World Records, pernah diselenggarakan ansambel tuba terbesar yang melibatkan 502 pemain tuba! Wah, dapatkah kalian membayangkan bagaimana suara yang akan dihasilkan?

Percussion

Pitched Percussion

  1. Pitched percussions merupakan instrumen perkusi yang bisa menghasilkan melodi.
  2. Ada beberapa jenis pembagian kelompok pitched percussions, antara lain: mallet percussion yang terdiri dari glockenspiel, timpani, dan chime barskeyboard percussion yang terdiri dari tubular bells; dan melodic percussion yang terdiri dari xylophone, marimba, dan lain-lain.
  3. Xylophone ditemukan pada tahun 2000 SM dan didokumentasikan di pahatan kuil-kuil kuno, loh!
  4. Xylophone memiliki nama Yunani yang berarti “wood sound”.
  5. Glockenspiel merupakan miniatur xylophone yang terbuat dari logam, bukan kayu.
  6. Brian Jones memainkan instrumen marimba pada lagu Rolling Stone yang berjudul Out of Time dan Under My Thumb, loh!
  7. Dalam orkestra, walaupun pitched percussions tidak dimainkan dalam jumlah besar, keberadaannya menambah harmonisasi perkusi.
  8. Marimba dan xylophone merupakan pitched percussion yang sejenis, tetapi berbeda ukuran. Marimba lebih besar dan memiliki suara yang lebih lembut dari xylophone.

Timpani

  1. Diperkenalkan pertama kali di Eropa pada tahun 1200-an.
  2. Zaman dahulu, timpani dimainkan bersama trumpet oleh kerajaan-kerajaan Eropa untuk memberi sinyal.
  3. Timpani dimainkan dengan cara dipukul menggunakan mallet timpani.
  4. Mulai dimainkan di dalam orkestra pada tahun 1675 dengan komposer asal Perancis, Jean-Baptiste de Lully.
  5. Dalam sebuah orkestra, biasanya terdapat tiga atau empat timpani dengan ukuran yang berbeda.
  6. Timpani dimainkan juga di band rock and roll seperti Queen dan The Beatles, loh!

Unpitched Percussion

  1. Merupakan perkusi yang tidak menghasilkan nada yang spesifik.
  2. Dibagi menjadi empat tipe, yaitu: woods (wood block, claves, rhythm sticks, dan temple block); metals (cowbell, cymbal, triangle); drums (hand drum, bass drum, snare drum) dan shakers/scrapers (tambourine, maracas, sleigh bells).
  3. Cymbal berasal dari bahasa Yunani, “kumbalom”, yang memiliki arti mangkuk kecil.
  4. Hampir di seluruh kebudayaan, tambourine dimainkan untuk mengiringi ritual keagamaan.
  5. Snare drum mulai menjadi bagian dari orkestra sekitar 200 tahun lalu.

Drumset

  1. Drum set mulai muncul tahun 1800-an ketika beberapa instrumen perkusi dianggap dapat dimainkan oleh satu orang dalam orkestra.
  2. Drum set modern seperti yang kita kenal sekarang ini, mulai populer pada tahun 1920 di New Orleans, di era Vaudeville.
  3. Seorang drummer pada tahun 1920-an memiliki peran yang sangat penting sebagai pemberi sound effect dalam proses pembuatan film tanpa suara (silent film).
  4. Drum set dapat dibagi menjadi empat bagian: hardware (drum stands, pedals, dan cymbal stands); extensions (chimes, tambourines, cowbells); shells (toms dan bass drum); serta the breakables (stool, snare drum, cymbals, sticks, dan bass drum pedal).
  5. Graeme Edge, drummer dari The Moody Blues, menciptakan drum elektrik pada tahun 1970.
situs bandar toto togel online macau terpercaya situs slot 4d dan bandar togel hadiah 4d 10 juta toto togel situs bandar togel online hadiah 4d 10 juta 2023 Situs Bandar Toto Togel Online Hadiah 4D 10 Juta Daftar Situs Bandar Toto Togel 4D Hadiah 10 Juta Situs Bandar Toto Togel Online Terbesar Terpercaya situs bandar toto togel Situs Bandar Togel Online Hadiah 4D 10 Juta Resmi Bandar Situs Toto Togel Online 4D Terpercaya Resmi Daftar Situs Bandar Toto Togel Terpercaya Hadiah 4D 10 Juta TOTO TOGEL Situs Bandar Togel Terpercaya Hadiah 4D 10 Juta bandar togel hadiah 4d 10 juta situs bandar togel situs bandar toto togel situs toto togel situs toto situs togel toto macau 4d situs bandar toto togel macau situs toto togel situs bandar togel toto macau situs toto togel macau situs toto togel macau situs toto togel