Join Us!

Timeline Open Recruitment

Periode pendaftaran: 25 Agustus –  11 September 2020
Periode seleksi: 11-13 September 2020

Frequently Asked Questions (FAQ)

Mahasiswa aktif Universitas Indonesia angkatan 2018-2020, baik program sarjana, vokasi, maupun ekstensi.

Ya, ada sistem seleksi yang terdiri dari: tes teori musik, tes auralwawancara, dan tes alat.

  • Tes teori musik merupakan tes tertulis untuk menguji pengetahuan seputar cara membaca partitur dan istilah-istilah musik.
  • Tes aural merupakan tes untuk mengetahui kepekaan nada dan ritmis.
  • Tes alat merupakan tes yang ditujukan bagi yang sudah pernah memainkan alat untuk melihat kapabilitas pemain. Hasil seleksi mengutamakan yang sudah memiliki pengalaman bermusik atau paham mengenai musik, tetapi kami juga mencari orang yang memiliki dedikasi tinggi serta berkomitmen untuk terus belajar.

Seleksi akan dilaksanakan pada tanggal 11–13 September 2020, secara daring menggunakan aplikasi ZOOM.

Kuota tidak baku. Anggota baru diterima berdasarkan hasil seleksi, situasi keanggotaan orkestra, dan kebutuhan pemain.

Tentu saja, coba daftarkan diri terlebih dahulu ya. Akan terdapat seleksi untuk calon anggota. Maka dari itu, persiapkan diri sebaik mungkin ya!

Setiap pemain di OSUI Mahawaditra memiliki tanggung jawab dalam bermusik dan berorganisasi di dalamnya. Jadi, setiap anggota wajib melaksanakan kedua tanggung jawab tersebut.

Untuk jangka waktu tertentu, alat musik dapat kami pinjamkan. Namun, ada baiknya jika kamu mulai menabung untuk membeli alat musik sendiri ya! Alat yang dapat dipinjamkan hanya untuk instrumen tertentu dan dalam jumlah terbatas.

Mohon maaf, kami tidak merekrut pemain untuk dua instrumen tersebut. Kami sangat menganjurkan kamu untuk mencoba memilih instrumen lain!

Di OSUI ada section perkusi, artinya, anggota section perkusi harus mempelajari cara memainkan semua alat perkusi, tidak hanya drum. Sebagai catatan tambahan, drum di orkestra cukup berbeda dengan drum di band.

Latihan rutin terdiri atas latihan tutti dan sectional. Latihan tutti adalah latihan bersama se-orkes dan dipimpin oleh pengaba OSUI Mahawaditra. Latihan sectional adalah latihan bersama pemain yang memainkan instrumen sejenis dan dibimbing oleh pelatih atau principal section. Di luar latihan rutin, ada juga jadwal latihan kelompok instrumen yang diatur masing-masing kelompok dan latihan pribadi yang tidak kalah penting demi kemajuanmu di bidang musik.

Di Pusat Kegiatan Mahasiswa (Pusgiwa) UI Depok atau melalui platform daring selama Pandemi. Latihan rutin untuk tutti diadakan setiap hari Rabu pukul 19.00 – 21.00 WIB dan Sabtu pukul 10.30 – 12.30 WIB. Latihan untuk junior orchestra diadakan setiap hari Kamis pukul 19.00 – 21.00 WIB dan Sabtu pukul 12.00 – 14.00 WIB. Selain itu, Latihan sectional instrumen diadakan tiap hari Sabtu pukul 14.00 – 16.00 WIB.

Tutti diambil dari bahasa Italia yang berarti “bermain bersama”, sehingga arti dari tutti adalah bermain bersama dalam format orkestra. Sebelum menjadi bagian dari tutti, para anggota akan menjadi bagian dalam junior orchestra terlebih dahulu.

Untuk masuk menjadi bagian dari tutti, kalian harus lulus ujian terlebih dahulu. Untuk selengkapnya jadi anggota dulu ya.

Kalau dari Depok atau Jakarta, kamu bisa naik kereta ke arah Depok/Bogor terus turun di Stasiun UI atau Pondok Cina, lalu kamu bisa naik bus kuning dan turun di Halte PNJ.

Di samping pengalaman main musik bareng, di orkestra kamu akan mendapatkan pengalaman menjadi pengurus organisasi dan kepanitiaan. Pastinya, kamu juga bakal dapet banyak temen dengan hobi yang sama.

Untuk pertanyaan-pertanyaan seputar Open Recruitment OSUI Mahawaditra 2020, kamu dapat menghubungi:

Husna
WhatsApp: 081282945095
ID Line: syifalifa

Line@, Instagram, Twitter: @osuimahawaditra

Facebook dan Youtube: OSUI Mahawaditra

Yuk, Daftar Menjadi Calon Anggota OSUI Mahawaditra!

Daftar!