Virtual Charity Concert – Cinestra: Pathway to Fantasy

image
On Thursday, April 07 th, 2022 · no Comments · In ,

Konser akhir tahun merupakan salah satu program kerja Orkes Simfoni Universitas Indonesia Mahawaditra yang diadakan setiap akhir tahun. Konser diadakan dalam bentuk orkestra dengan tema dan judul yang berbeda setiap tahunnya.

Penampilan Kiki’s Delivery Service Composed by Mamoru Fujisawa (Joe Hisaishi) arranged by Arya P. J. Kitti.

 

Pada tahun 2021, konser akhir tahun kembali diadakan dalam bentuk Virtual Charity Concert, menyesuaikan dengan keadaan pandemi yang melanda Indonesia, yang berjudul Cinestra: Pathway to Fantasy. Kata Cinestra sebagai tema konser, merupakan kepanjangan dari Cinematic Orchestra, dengan tagline Pathway to Fantasy. Konser ini diselenggarakan melalui platform Youtube OSUI Mahawaditra pada Sabtu, 27 November 2021.

Sesuai dengan judulnya, Virtual Charity Concert – Cinestra: Pathway to Fantasy membawakan lagu-lagu soundtrack dari film, antara lain “Kiki’s Delivery Service” dari Studio Ghibli, “Music from Enchanted” dan “You’ve Got a Friend in Me” dari Disney. Konser ini mengajak para penonton untuk bernostalgia dengan lagu-lagu dari film sekaligus berdonasi untuk lembaga sosial yang terkena dampak pandemi COVID-19.

Virtual Charity Concert – Cinestra: Pathway to Fantasy bekerja sama dengan lembaga sosial panti asuhan Bina Remaja Mandiri, sebuah panti asuhan yang berdiri di bawah Yayasan Berkah Sejahtera. Donasi untuk panti asuhan dilaksanakan melalui platform saweria. Dari konser virtual ini, Orkes Simfoni Universitas Indonesia Mahawaditra mendapatkan donasi sebesar Rp7.681.557,00 yang telah diserahkan pada panti asuhan Bina Remaja Mandiri pada Minggu, 12 Desember 2021.

Karena diselenggarakan secara virtual, persiapan konser dilaksanakan dengan cukup berbeda dari tahun sebelumnya. Para pemain bermain musik dari rumah masing-masing dan merekam permainan mereka sesuai dengan bagian instrumennya. Rekaman video dari masing-masing pemain kemudian digabungkan untuk ditampilkan saat konser berlangsung. Walaupun begitu, latihan rutin tetap diadakan melalui platform video-telefoni daring dengan pelatih sehingga para pemain orkestra dapat bermain dengan maksimal.

Konser virtual dibuka oleh pembawa acara dengan menunjukkan latar belakang lingkungan Universitas Indonesia. Acara dilanjutkan dengan pembukaan oleh Project Officer Cinestra, Putri Safa Izhara, Pembina OSUI Mahawaditra, Prof. Dr. Ir. Budi Susilo Soepandji C.E.S., D.E.A., dan Kasubdit Penyelenggaraan Kegiatan Kemahasiswaan Universitas Indonesia, Dr. AG. Sudibyo, M.Si. Setelah sesi pembukaan dan sambutan, lagu-lagu konser diputar dan ditutup dengan penampilan nama-nama pemain dan panitia konser. 

Berikut adalah lagu-lagu yang dimainkan dalam Virtual Charity Concert – Cinestra: Pathway to Fantasy:

  1. “I. Einleitung, oder Sonnenaufgang” from Also Sprach Zarathustra, Op. 30 composed by Richard Strauss
  2. “Waltz of the Flowers” from Nutcracker Suite, Op. 71 (Junior Orchestra) composed by Pyotr I. Tchaikovsky and arranged by lain Farrington
  3. Themes from Game of Thrones (Woodwinds Ensemble) composed by Ramin Diawadi and arranged by Baja S. R. Siagian
  4. “You’ve Got a Friend” in Me from Toy Story (Brass Quintet) composed by Randy Newman and arranged by Sebastian Skelly
  5. Music from Enchanted (Strings Orchestra) composed by Alan Menken and arranged by James Kazik
  6. Kiki’s Delivery Service composed by Mamoru Fujisawa (Joe Hisaishi) and arranged by Arya P. J. Kitti

Kamu masih dapat menikmati konser ini di mana pun bersama keluarga atau teman melalui Youtube OSUI Mahawaditra lho! Akhir kata, semoga pandemi ini cepat berakhir dan para penonton setia OSUI Mahawaditra dapat menikmati permainan musik dari OSUI Mahawaditra lagi secara langsung.

 

Virtual Charity Concert – Cinestra: Pathway to Fantasy
OSUI Mahawaditra 2021

Leave a Reply